Disable Preloader

Detail Berita

Perayaan Dies Natalis Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura (FMIPA Untan) diperingati setiap tanggal 9 November. Hari ini, 9 November 2021 Fakultas MIPA Untan genap berusia 20 tahun dan diselenggarakan seremonial perayaan Dies Natalisnya di Aula Teater 1 Gedung Konferensi Untan.

Seremonial juga diadakan daring via Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung melalui Channel Youtube FMIPA UNTAN. Sebelum dibuka perayaan DN FMIPA Untan yang ke-20, ditayangkan video profil Fakultas MIPA Untan yang mengulik tentang sejarah dan profil berdirinya FMIPA Untan.

Rektor Untan, Prof. Dr. H. Garuda Wiko, S.H., M.Si., FCBArb  yang hadir dalam acara tersebut turut mengucapkan selamat atas Dies Natalis FMIPA Untan yang ke-20 tahun.

“Saya mewakili Universitas Tanjungpura mengucapkan selamat Dies Natalis pada Fakultas MIPA,” ucapnya.

Kepada Dekan FMIPA Untan periode 2021-2025, Rektor berpesan agar melanjutkan program yang telah dilaksanakan oleh Dekan periode sebelumnya, H. Afghani Jayuska, S.Si., M.Si.

“Tentu saja Pak Gusrizal, gilirannya untuk memacu laju pertumbuhan FMIPA,” pesannya.

Di akhir sambutannya, Bapak Rektor juga mengajak Stakeholder dan Mitra Strategis FMIPA Untan yang hadir untuk bersama-sama berkontribusi dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang digelar FMIPA Untan setiap tahunnya.

“Mari bapak ibu sekalian kita bersama-sama memberikan sumbangan terbaik bagi perkembangan research dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan Fakultas MIPA,” ajaknya.

Selain Rektor, hadir juga Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Ir. Radian, MS., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Achmadi., M.Si., Rektor Untan periode sebelumnya Prof. Thamrin Usman, DEA beserta stakeholder dan mitra strategis Fakultas MIPA Untan.

Sebelumnya dalam sambutannya, Dekan FMIPA Untan, Dr. Gusrizal, S.Si., M.Si turut bernostalgia menceritakan sejarah berdirinya Fakultas MIPA Untan.

“Upaya mendirikan FMIPA Untan telah ada sejak tahun 1992 dengan terbitnya SK Rektor  Nomor:4669/PT29.H/E/1992 tertanggal 26 November 1992 mengenai pembentukan BP MIPA,” jelas dia.

Badan Pengelola MIPA Untan, lanjutnya, diketuai oleh Dr. Thamrin Usman, DEA.

Pada tanggal 9 November 2001 Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional mengeluarkan surat nomor: 3494/D/T/2001 tentang izin penyelenggaraan pembelajaran Program Studi Biologi, Kimia, Matematika dan Fisika untuk jenjang strata satu (S1) di Untan.

“Keempat Prodi ini tidak dikukuhkan dalam BP MIPA, tapi dibentuklah lembaga baru yang pada waktu itu bernama Fakultas MIPA Persiapan,” terangnya.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa Fakultas MIPA Persiapan menjadi cikal Fakultas MIPA Untan

“Fakultas MIPA Persiapan ini menjadi cikal bakal lahirnya Fakultas MIPA Untan. Jadi tanggal terbit surat izin penyelenggaraan 4 program studi inilah menjadi tanggal dies natalis Fakultas MIPA,” lanjutnya.

Seusai menerangkan sejarah lahirnya FMIPA Untan, Bapak Dekan memaparkan capaian prestasi yang berhasil diraih oleh mahasiswa dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Kemudian, Bapak dekan juga menyampaikan slogan yang digunakan Fakultas MIPA Untan selama kepemimpinannya.

“Pada kesempatan ini perkenankan kami menyampaikan slogan dan nilai-nilai yang menginspirasi di Fakultas MIPA, yaitu Quality is our Concern. Karena mutu harus menjadi kepudulian bersama,” tutupnya.

Setelah sambutan pembuka, acara DN dilanjutkan dengan persembahan tarian dari Art Laboratory FMIPA Untan, orasi ilmiah Dr. Bayu Prihardono, S.Si., M.Sc, syukuran Dies Natalis yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan makan siang bersama di lantai 1 Gedung Konferensi.

Siang harinya, dilanjutkan dengan seminar diseminasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dosen di lingkungan FMIPA Untan.

Share :

Kategori Berita: Agenda