Disable Preloader

Detail Berita

Jurusan Rekayasa Sistem Komputer (Resiskom) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura (FMIPA Untan) menggelar kuliah umum yang bertajuk “Perkembangan Teknologi Internet of Things pada Era Revolusi Industri 4.0”, Jumat (12/11/2021). Kuliah umum tersebut diisi oleh Praktisi Internet of Things (IoT) Indonesia, Ir. Christianto Tjahyadi.

Berlangsung di Aula Teater 1 Gedung Konferensi Untan, acara kuliah umum yang dibuka langsung oleh Dekan FMIPA Untan, Dr. Gusrizal, M.Si ini dihadiri sebanyak 76 mahasiswa Resiskom dari berbagai angkatan. Acara tersebut juga diadakan daring lewat Zoom Meeting dengan total peserta 124 orang, sehingga total keseluruhan peserta berjumlah 200 orang.

Dalam sambutan pembukanya, Doktor Gusrizal turut mengapresiasi acara tersebut dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ir. Christianto Tjahyadi yang berkenan hadir sebagai narasumber. Menurutnya, tajuk materi yang disampaikan narasumber menarik lantaran relevan dengan kebutuhan era sekarang.

“Terima kasih kepada Bapak Insinyur Christianto Tjahyadi yang sudah berkenan meluangkan waktunya untuk memberikan kuliah umum pada hari ini. Materi yang disampaikan sesuatu hal yang sangat menarik karena kita berada di masanya, yakni era 4.0,” tuturnya, Jumat (12/11).

Lebih lanjut, ia berharap mahasiswa dapat menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya dari narasumber.

"Oleh karena itu, kami berharap mahasiswa dapat memanfaatkan momen pada hari ini untuk belajar lebih banyak," tutup Doktor Gusrizal.

Senada dengan Bapak Dekan, Ketua Jurusan Resiskom FMIPA Untan, Ikhwan Ruslianto, S.Kom., M.Cs saat diwawancarai juga berharap demikian, mahasiswa yang hadir dapat memanfaatkan momentum kegiatan tersebut.

"Kita berharap ini bisa menjadi momentum untuk meningkatkan semangat mahasiswa kita untuk terus belajar dan mengembangkan diri," cetusnya.

Rangkaian kuliah umum, lanjut Ikhwan, bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa. Kuliah umum juga digelar meningkatkan semangat kreasi, inovasi dan kolaborasi mahasiswa dalam menyongsong Industri 4.0, terkhususnya dalam pengembangan Internet of Things.

"Apalagi terkait IoT, sehingga nanti akan banyak diciptakan karya-karya yang inovatif, kreatif, dan kolaboratif," tambahnya.

Sementara itu, Ir. Christianto Tjahyadi seusai sesi materi menjelaskan, paparan materi yang diutarakannya berkaitan erat dengan perkembangan Revolusi Industri 4.0 saat ini.

"Industri 4.0 itu ada banyak elemennya, salah satunya adalah Internet of Things," tungkasnya.

Dalam materinya, Christianto menjelaskan tentang apa itu Revolusi Industri 4.0 dan perkembangannya dari tahun ke tahun, serta apa itu IoT, proses, permasalahan dan contoh-contohnya.

Praktisi IoT itu menyimpulkan bahwa apabila jaringan, perangkat, dan data diintegrasikan, hal ini dapat melahirkan solusi yang luar biasa lantaran menjawab beragam permasalahan yang ada. Beragam inovasi telah dilakukan di Era 4.0 sekarang, seperti Smart Home, Smart City, Smart Agriculture, dan inovasi lainnya.

CEO Next System itu juga menyampaikan harapannya kepada mahasiswa/i Resiskom yang mengampu bidang teknologi IoT di perkuliahannya.

"Harapannya mereka bisa melakukan terobosan-terobosan. Terutama di bidang teknologi, khususnya Internef of Things. Sehingga ketika mereka lulus, mereka bisa menjawab tantangan yang ada di Industri," ucapnya.

Satu di antara peserta, Reza berkesan, acara tersebut sangat bermanfaat. Ke depan, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Rekayasa Sistem Komputer periode 2021-2022 ini berharap agenda serupa seperti kuliah umum ini bisa terus dilaksanakan guna menambah wawasan mahasiswa.

"Materi yang disampaikan ini tentu dapat memperbanyak wawasan mahasiswa. Semoga ke depannya bisa terus diadakan kuliah umum seperti ini," katanya.

Share :

Kategori Berita: Agenda