Disable Preloader

Detail Berita

Gubernur Kalimantan Barat sampaikan pesan dan harapannya untuk Dies Natalis FMIPA Untan yang ke-18 tahun dalam acara Seminar Nasional yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tanjungpura (Untan). Seminar yang bertemakan “Mewujudkan Saintis Muda Kreatif Berjiwa Entrepreneur”, digelar di Gedung Konferensi Untan dengan jumlah peserta sebanyak 150 orang, Selasa (26/11/2019).

Rangkaian acara Dies Natalis dan Seminar Nasional dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Drs. Hermanus Darus, M.Si, Staf Ahli Gubernur Bidang Politik Hukum, Politik dan Pemerintahan. Hermanus menyampaikan sabutan tertulis H. Sutarmidji, S.H., M.Hum, Gubernur Kalbar.

“Kita berharap, semoga Fakultas MIPA dapat terus meningkatkan mutu layanan Tri Dharma Perguruan Tingggi, baik dikancah lokal, nasional maupun Internasional. Saya menyambut baik pelaksanaan Dies Natalis yang ke-18 tahun ini” ucapnya.

Ia juga berharap Fakultas MIPA mampu menyelenggarakan proses pendidikan dan menciptakam Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang siap membangun Kalbar dengan melakukan inovasi terobosan-terobosan ilmiah untuk pembangunan daerah Kalbar yang sesuai dengan visi Gubernur Kalbar saat ini, yaitu “Terwujudunya kesejahteraan masyarakat Kalbar melaui percepatan pembangunan infrastrutr dan tata kelola pemerintah yang baik”.

Wali Kota Pontianak dua periode tersebut juga menyampaikan pesannya untuk Mahasiswa/i Fakultas MIPA.

“Pada segenap mahasiswa/i agar dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan pada masyarakat. Melaui peran serta saudara, itu akan lebih mempermudah kita mewujudkan masyarakat indonesia yang cerdas dan budaya, khususnya di Kalbar” pesannya.

“Saya bersama pemerintah Provinsi Kalbar mengucapkan selamat dan terimakasih kepada Untan, khususnya Fakultas MIPA yang terus meningkatkan kinerjanya dalam mewujudkan pembangunan masa depan yang lebih baik, semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa membimbing langkah kita semua” tutup Sutarmidji.

Saat diwawancarai, Hermanus juga mengucapakan selamat dan sukses, juga harapannya atas terselenggaranya Seminar Nasional dalam Rangka Dies Natalis FMIPA Untan.

“Secara pribadi, saya berharap agar kedepannya Fakultas MIPA dapat menjadi Fakultas yang lebih baik, lebih maju dan mampu mencetak SDM-SDM yang unggul, sesuai dengan visi Presiden Jokowi pada periode keduanya ini” ujarnya.

Menurut Wakil Bupati Kubu Raya Periode 2014-2019 yang lalu ini, penyelenggaraan Dies Natalis dapat menjadi momentum Fakultas MIPA untuk mampu mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pendidikan yang berjalan. Ia juga berharap agar para alumni FMIPA Untan juga turut mampu membawa perubahan harapan bangsa, terlebih khusunya pada kemajuan Provinsi Kalbar.

Selain itu, pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Fakultas MIPA Untan diharapkan juga dapat sejalan dengan enam misi Gubernur Kalbar dalam mewujudkan visi pembangunannya, yaitu Bagaimana mewujudkan pembangunan infrastruktur; mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik melaui prinsip Good Goverment; mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas, produktif dan inovatif; mewujudkan masyarakat yang sejahtera; mewujudkan masyarakat yang tertib; dan mewujudkan pembangunan yang berwawasan lingkungan.

Sesuai dengan tema yang diangkat pada Seminar Nasional, Hermanus juga berharap tema tersebut tidak sebatas tema saja, melainkan juga mampu diimplemantasikan di aktualisasikan oleh mahasiswa/i FMIPA Untan. Menurutnya, tema tersebut sangat relevan dengan pembangunan SDM unggul yang produktif, kreatif dan inovatif saat ini, yang kedepannya mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran di daerah Kalbar.

“Untuk mahasiswa/i Fakultas MIPA, mereka harus fokus untuk belajar dan menyelasaikan pendidikannya, selalulah bersyukur; karena ini adalah moment mereka untuk menjadi manusia yang unggul, kreatif, produktif dan inovatif di tengah persaingan manusia yang kompetitif saat ini. Mereka adalah generasi-generasi pemimpin masa depan yang memiliki pendidikan, dengan SDM unggul,  skill yang baik dan berakhlak. Dengan semua itu, harumkan dan buat bangga daerah kita” pesan Hermanus.

Disamping itu, ia juga menyampaikan pesannya untuk FMIPA Untan.

“Untuk Fakultas MIPA, di usia yang ke-18 ini harus mampu, tepat dan fokus dalam menentukan pilihan visi dan misinya. Mampu pula berkontribusi memajukan pembangunan di daerah kita. FMIPA Untan juga harus mampu mengharumkan, membesarkan dan memajukan nama Untan agar dapat sejajar dengan universitas-universitas yang lainnya” tambahnya.

Share :

Kategori Berita: Agenda Kegiatan Kemahasiswaan