Disable Preloader

Detail Berita

Pontianak – Himpunan Mahasiswa Rekayasa Sistem Komputer (Himaster) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Fmipa) Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak gelar Seminar Internasional pada Rangkaian Kegiatan Screen 8 dengan tema “Unllimited Creation of Technlogy for Digital Bussiness”, bertempat di Lantai dasar Informa, Kota Baru Pontianak, Rabu (31/01/2019).

Screen merupakan agenda tahunan dari Himaster Fmipa Untan, yang pada tahun ini terdapat agenda lama namun berkelas Internasional, yakni Seminar Internasional yang mengangkat tema tentang kreasi teknologi pada bisnis digital. Pada seminar kali ini dibagi menjadi 2 sesi, dimana sesi pertama adalah pemaparan materi oleh masing-masing pemateri dan sesi kedua adalah sesi talkshow dengan semua pemateri. 

Acara seminar dipandu oleh dua MC yang menggunakan bahasa bahasa Inggris dan Indonesia karena pemateri berasal dari Malaysia dan Indonesia. Seminar ini dihadiri oleh pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum di Kota Pontianak. Turut hadir juga beberapa dosen di Fmipa Untan dan Pejabat Kota Pontianak yang di wakili oleh Dinas Kominfo Kota Pontianak.

Sebanyak kurang lebih 400 peserta meramaikan acara ini. Sesuai dengan nama agenda seminarnya, Himaster mengundang beberapa pemateri handal dan yang telah sukses dalam dunia bisnis digital, seperti Senior Partner Technical Director and Resonic Consulltancy Startup Borneo dari Malaysia, Ceo dan Founder My Agro, serta Ketua Umum BPD HIPMI Kalimantan Barat.

Seminar ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fmipa Untan, Pak Muliadi. Acara ini dibuka dengan pemukulan gong oleh Pak Muliadi dengan didampingi Ketua Panitia dan Ketua Jurusan Rekayasa Sistem Komputer.

Nugrah Zurus Pratama selaku Ketua Pelaksana mengatakan bahwa, Seminar Internasional ini merupakan salah satu dari rangkaian Agenda Screen 8 tahun 2019.

Secara umum, Screen 8 mengangkat tema “Infinity Tech: Menjadikan Teknologi Sebagai Media Kreasi Tanpa Batas”. Adapun rangkaian agenda lainnya ialah Video Competition yang dilaksanakan pada 3-9 Februari 2019, E-Sport 3-19 Februari 2019, Olimpiade Komputer 23 Februari-2 Maret 2019, Teknologi Tepat Guna 24 Februari-3 Maret 2019 dan Pesona Screen pada 9 Maret 2019.

Satu diantara peserta, Ayu Pratiwi, berkesan bahwa seminar ini bagus untuk mahasiswa pada umumnya dan universitas pada khususnya. Karena melalui seminar ini kampus dapat bekerjasama dengan startup untuk membuat inovasi-inovasi baru dalam dunia teknologi (IT) dan mahasiswa sebagai eksekutornya.

Setelah mengikuti seminar ini, ia berharap agar dapat lebih maksimal lagi dalam memanfaatkan potensi bisnis di dalam dunia digital dan teknologi yang kini telah menjadi fashionya.

"Karena potensi bisnis di dunia digital saat ini begitu sangat luas dan terbuka. Tinggal bagaimana kitanya lagi yang berusaha memaksimalkan dan memanfaatkannya” tutup Ayu, Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Publik Fisip Untan.

Share :

Kategori Berita: Agenda Kegiatan Kemahasiswaan