Disable Preloader

Detail Berita

Pontianak – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura (FMIPA Untan) gelar Pelatihan Kewirausahaan “Great Entrepreneur Training” di Ruang Senat FMIPA Untan, Kamis (15/18/2019).

Acara pelatihan ini ditujukan kepada mahasiswa  FMIPA Untan yang berminat berwirausaha. Sebelum berlangsung, peserta yang mengikuti pelatihan ini wajibkan untuk membuat proposal kewirausahaan yang nantinya 3 tim terbaik akan didanai oleh Fakultas Mipa.

Bertemakan “Pengembangan Creativepreneuer di Era Revolusi Industri 4.0”, acara pelatihan ini diikuti 32 peserta dari berbagai Program Studi (Prodi) di FMIPA Untan.

Saat menyampaikan sambutan dan membuka acaranya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Kamarullah, S.H., M.Hum mengapresiasi acara pelatihan ini.

“Fakultas Mipa memiliki potensi kuat untuk bidang kewirausahaan” ucap beliau.

Ia juga menyampaikan bahwa Untan akan berupaya menumbuhkan semangat kewirausahaan mahasiswa dan memberi panggung (penghargaan) untuk mereka yang nantinya menjadi wisudawan yang sudah memiliki usaha dan memperkerjakan banyak orang, karena biasanya yang diberi penghargaan hanya untuk wisudawan ipk tertinggi, tercepat dan termuda.

Materi yang berjudul Good Entrepreneur, Good Smile ini disampaikan oleh Afif Ar-Rahman, Founder AFA Training Center. Dan dipandu oleh Muhammad Hafidz Andrian, Profesional Trainer dari AFA Training Center.

Pelatihan dari fakultas ini dipanitiai oleh teman-teman Mipa Science Institute (MSI).

Menurut Vikki, Ketua Umum MSI FMIPA Untan, kegiatan pelatihan kewirausahaan ini merupakan pelatihan yang pertama di Fakultas MIPA Untan dan bertujuan untuk memberikan motivasi, pengetahuan, dan pelatihan kepada mahasiswa FMIPA dalam berwirausaha. Ia juga menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta yang ikut agar dapat mengembangkan dan melanjutkan idenya setelah kegiatan ini.

“Harapannya, ide yang sudah ditulis dan dipresentasikannya dapat dipoles lagi agar menjadi lebih baik idenya, tetap dapat dilanjutkan agar jiwa kewirausahaannya terus bertumbuh” harap Vikki, Mahasiswa Prodi Geofisika angkatan 2017.

Ada yang unik dan menarik dari pelatihan ini. Peserta mendapat tantangan untuk menjadi marketing yang turun langsung dilapangan, challenge menjual aqua gelas kepada mereka yang berada diluar ruangan pelatihan. Targetnya adalah mahasiswa baru yang sedang mengikuti Expo PKKMB, panitia, dan mereka yang berada di area FMIPA. Peserta yang berhasil menjual unit terbanyak dan mendapatkan omset terbesar akan mendapatkan hadiah, 50% dari omset seluh penjualan peserta akan diberikan kepadanya.

“Untuk acara hari ini Alhamdulillah ya sukses, dalam artian seru, peserta sangat antusias karena kita ada kegiatan indoor dan juga outdoor, dimana mereka mendapatkan teori dan juga praktek langsung turun ke lapangan” ucap Hafidz, Founder dan Spritual Motivation Trainer Great Generation.

Dalam challenge tersebut, peserta diharapkan mampu mendelivery bagaimana keunggulan dari produk yang mereka jual dan bagaimana meyakinkan pembeli.

Selain itu, Vikki Hidayat mengatakan bahwa kegiatan yang berlangsung seharian ini sangatlah berkesan dan memotivasi. Mahasiswa angkatan 2018 dari Prodi Kimia ini merasa termotivasi dengan kegiatan pelatihannya.

“Alhamdulillah, kegiatan ini sangat memotivasi sekali untuk menambah semangat dan menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan kita” ujarnya.

Ia juga berharap agar Fakultas MIPA dapat terus melaksanakan kegiatan ini, menjadi rutinitas tahunan pelatihan kewirausahaan untuk mahasiswa yang memiliki semangat berwirausaha.

Pelatihan ini ditutup oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA Untan, Pak Muliadi, S.Si., M.Si. Dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan dan plakat kepada pemateri, dan diakhiri dengan foto selfie pemateri bersama seluruh peserta.

Share :

Kategori Berita: Agenda Kegiatan Kemahasiswaan