Disable Preloader

Visi, Misi dan Tujuan

VISI MIPA

Dalam rangka mengantisipasi kondisi kedepan dan berlandaskan kepada visi nasional pendidikan tinggi, maka visi Fakultas MIPA UNTAN dirumuskan sebagai berikut :


Pada tahun 2020 menjadi pusat penyelenggara pendidikan dan pengkajian ilmu dasar dan terapan yang berbasis sumber daya tropis untuk menghasilkan luaran yang berkarakter, dan mampu berkompetisi di tingkat daerah, nasional serta internasional”

MISI MIPA

Berdasarkan visi di atas maka dirumuskan misi Fakultas MIPA UNTAN yang mengacu pada Tri Darma Perguruan Tinggi Yakni:

1. Menyediakan sumber daya manusia dan sarana prasarana berkualitas sebagai pendukung terselenggaranya pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

2. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang sains dan terapan yang berkualitas dan berwawasan lingkungan yang berorientasi pada pengembangan potensi sumber daya lokal.

TUJUAN UMUM

Telah disadari bahwa ketertinggalan Bangsa Indonesia dalam penguasaan danpengembangan sains dan teknologi dikarenakan lemahnya penguasaan ilmu dasar. Fenomenaini terjadi hampir di sebagian besar wilayah Indonesia termasuk Kalimantan Barat.Dampak negatif dari masalah di atas adalah minimnya usaha-usaha/karya yang bertujuanuntuk peningkatan nilai tambah meskipun ketersediaan sumber daya hayati dan non-hayatimelimpah, serta letak strategis dan potensi wilayah.Semangat otonomi daerah mengakselerasi kehadiran Fakultas MIPA Universitas Tanjungpuradengan tujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas yang memilikikompetensi yang tinggi dalam ilmu dasar dan berakhlak mulia

TUJUAN KHUSUS

Keberadaan Fakultas MIPA memiliki tujuan khusus yang meliputi:

  1. Memberikan bekal dasar-dasar ilmu MIPA yang kuat melalui proses pendidikan tinggi dan penelitian yang inovatif dan kreatif.
  2. Memanfaatkan dasar-dasar ilmu MIPA dan terapan secara mandiri maupun bersamaandengan ilmu-ilmu lain yang terkait menuju peningkatan nilai tambah yang kompetitif dan kualitas sumber daya manusia Kalimantan Barat.
  3. Membuka program-program studi yang relevan dengan ilmu MIPA yang diperlukan daerah Kalimantan Barat.