SEMINAR ILMIAH TRIWULAN JURUSAN FISIKA FMIPA UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK

Rabu, 30 September 2015 Jurusan Fisika FMIPA Untan telah melakukan kegiatan rutin Seminar Ilmiah triwulan untuk kesekian kalinya yang dilaksanakan secara terjadwal setiap tiga bulan sekali. Tema yang diangkat dalam seminar triwulan ini berhubungan dengan kelompok keahlian yang ada di Jurusan Fisika, yaitu: Fisika Teori, Fisika Instrumen, Fisika Material, Fisika Medis, maupun Geofisika. Seminar Ilmiah triwulan ini sebagai bentuk realisasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, dimana hal itu adalah salah satu tugas pokok kami sebagai tenaga pengajar di Jurusan Fisika FMIPA Untan. Seminar ini merupakan diseminasi hasil penelitian dosen-dosen dilingkungan Jurusan Fisika, seperti penyampaian hasil riset dosen-dosen di Jurusan Fisika. Peserta dalam seminar ini selain dosen-dosen di lingkungan FMIPA Untan, juga mengikutsertakan mahasiswa khususnya mahasiswa Jurusan Fisika tingkat akhir.

Kegiatan diseminasi keilmuan ini nantinya dapat menjadi rujukan bagi para mahasiswa agar memiliki gambaran ketika saatnya mereka memilih salah satu kelompok keahlian yang ada, ataupun memunculkan gagasan baru untuk tugas akhir mereka. Diharapkan juga dengan adanya Seminar Ilmiah ini dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan, khususnya di bidang Fisika, dan Geofisika. Serta menjaga atmosfir Ilmiah di Prodi/Jurusan Fisika FMIPA Untan dengan baik dan meningkat untuk menuju kualitas sumber daya manusia yang semakin mumpuni.

Khusus Seminar yang dilakukan pada 30 September 2015, menyajikan dua bidang kajian yakni bidang kajian Fisika Instrumentasi sebagai dosen penyaji adalah Bapak Boni Pahlanop Lapanporo, M.Sc dan bidang Oseanografi sebagai penyaji mengundang dosen tamu dari Prodi Ilmu Kelautan FMIPA Untan, Bapak Apriyansah, M.Si. Pak Boni menyampaikan materi tentang “Aplikasi Sistem Larik Sensor Gas untuk Uji Kualitas Produk Makanan”. Materi ini merupakan hasil penilitian beliau yang dibiayai oleh DIKTI untuk hibah Desentralisasi (Hibah Bersaing 2014), Ide utama dilakukan riset ini adalah untuk mengetahui kualitas makanan yang masih layak konsumsi ataupun tidak secara tepat. Maka dari itu diperlukan alat kontrol yang tingkat ketelitiannya lebih tinggi serta sistem yang telah terotomatisasi ketimbang metode taster yang dilakukan manual oleh manusia. Secara garis besar, hasil yang diperoleh berupa divais sistem larik sensor gas yang dapat digunakan sebagai alat untuk klasifikasi jenis makanan dan minuman secara real time yang telah diuji stabilitasnya, dan dapat langsung diaplikasin seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Alat Seminar Ilmiah

Gambar Instrumen Sistem Larik Sensor Gas untuk Uji Kualitas Produk Makanan

Pengembangan riset di bidang ini masih terus dilakukan. Hasil penelitian mengenai sensor gas ini sebelumnya telah dipublikasikan di beberapa jurnal Nasional, dan untuk hasil terbaru yang telah dicapai dan disajikan pada Seminar Ilmiah ini juga akan dipublikasikan di Jurnal Semirata 2015.

Pak Apriyansah menyampaikan materi mengenai “Pemodelan Penyebaran Panas dalam Fluida Newtonian Tak Mampu Mampat Menggunakan Cellular Automata”, materi tersebut merupakan thesis beliau pada saat menempuh pendidikan master di Institut Teknologi Bandung. Sesuai dengan judul materi yang disampaikan bahwa, beliau ingin mengetahui fenomena sebaran suhu di daerah perairan pantai Kabupaten Bekasi Utara yang terpengaruh oleh aliran air pendingin (cooling water) dari Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Muara Tawar menggunakan metode Cellular Automata. Salah satu hasil pemodelan yang diperoleh merupakan simulasi sebaran panas pada saat menuju surut purnama pada daerah tersebutpada daerah tersebut yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini.

Hasil Sensor

Gambar Hasil simulasi Penyebaran Panas dalam Fluida Newtonian Tak Mampu Mampat Menggunakan Cellular Automata

Seminar Ilmiah Triwulan Jurusan Fisika periode berikutnya akan diselenggarakan pada bulan Desember 2015. Penyaji materi disampaikan oleh dosen prodi Fisika untuk kelompok keilmuan Fisika Medis, Nurhasanah, M.Si. Kami juga mempersilahkan untuk para dosen di lingkungan Untan yang tertarik, dan pada mahasiswa untuk dapat menghadiri Seminar Ilmiah Triwulan Jurusan Fisika untuk mengetahui riset-riset yang telah dilakukan oleh dosen-dosen di Jurusan Fisika.

Leave a reply