Sarjana

Program Studi (Prodi) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tanjungpura (Untan) merupakan institusi pengembangan ilmu dasar yang diproyeksikan untuk menghasilkan lulusan/sarjana sains yang berkualitas dan mampu bersaing di era globalisasi. Izin operasional pelaksanaan proses pembelajaran Prodi Matematika FMIPA Untan tercantum pada surat Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 3494/D/T/2001.

Terakhir izin operasional proses pembelajaran Prodi Matematika FMIPA Untan berakhir pada tahun 2016 dengan Surat Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 1190/D/T/K-N/2012. Akreditasi Prodi Matematika FMIPA Untan adalah peringkat C yang dikeluarkan oleh Surat Keputusan BAN-PT Nomor 001/BAN-PT/Ak-XI/S1/IV/2008.

Sejak tahun 2011, berdasarkan Surat Keputusan Rektor No. 334a/H22/KP/2010 Tentang Pemberlakuan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di Universitas Tanjungpura tanggal 1 Maret 2010, Prodi Matematika FMIPA Untan telah melakukan penyempurnaan kurikulum dengan pendekatan berbasis kompetensi.

Visi

  • Program Studi Matematika menjadi lembaga yang handal dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan sumber daya manusia yang mampu mengoptimalkan sumber ilmu matematika serta menciptakan luaran yang kompetitif di tingkat daerah, nasional, dan internasional.

Misi

  • Memberikan bekal prinsip-prinsip dasar ilmu matematika yang kuat kepada mahasiswa melalui pendidikan dan pengajaran yang inovatif dan kreatif sehingga mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan dibidang akademik maupun di masyarakat untuk kesejahteraan dan kemanusiaan.
  • Meningkatkan kualitas staf pengajar melalui pengembangan ilmu matematika.
  • Memanfaatkan prinsip dasar matematika secara mandiri maupun bersamaan dengan ilmu-ilmu lain yang terkait menuju peningkatan nilai tambah yang kompetitif berdasarkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat pada khususnya.

 

Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai lulusan Prodi Matematika FMIPA Untan melalui KBK adalah:

  • Mampu menguasai konsep dan prinsip umum bidang inti matematika antara lain logika matematika, kalkulus, aljabar linear, matematika diskrit, persamaan differensial, teori peluang, stokastik, komputasi, dan pemodelan.
  • Mampu menjelaskan apa, mengapa dan bagaimana pengembangan konsep-konsep dasar dan teorema-teorema di dalam matematika seperti abstraksi, generalisasi.
  • Mampu mengidentifikasi yang tersirat dan merumuskannya di dalam bahasa matematika.
  • Mampu merancang, melakukan penelitian dan merekomendasikan keputusan berdasarkan analisis matematika dan statistika.
  • Mampu mengelola pembelajaran matematika dan melakukan evaluasi dalam prose pendidikan.
  • Mampu merancang program berdasarkan logika, algoritma pemrograman, dan metode komputasi matematika.
  • Menguasai software-software matematika dan statistika.
  • Mampu membangun dan mengembangkan aplikasi matematika.

Galeri Jurusan Matematika

Program Studi (Prodi) Fisika merupakan ilmu dasar kedua setelah matematika yang secara esensial dibutuhkan untuk memahami dan menguasai ilmu-ilmu dasar lain, ilmu-ilmu terapan, serta selanjutnya untuk mengembangkan tegnologi. Posisi dan status fisika yang sangat strategis tersebut menuntut para fisikawan untuk selalu mengembangkan, menerapkan sekaligus memasyarakatkan ilmu fisika, agar dapat mendorong secara positif perkembangan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bumi sebagai tempat hidup manusia dan berbagai mahluk lain, bagi kelestariannya semakin menuntut tingginya efesiensi terhadap pemanfaatan energi dalam semua macam perwujudannya. Energi merupakan besaran fisika yang secara mutlak sangat diperlukan bagi terwujudnya kelestarian kehidupan. Oleh sebab itu fisika dituntut untuk dapat meneliti, menemukan, mengembangkan, mengelolah sumber-sumber energi.

Dikaitkan dengan sumber daya alam yang ada di Kalimantan Barat yang sangat melimpah mulai dari lautan, pesisir pantai, daratan sampai pada wilayah dirgantar, yang perlu dikelola secara profesional. Sedemikian besar tanggung jawab yang diberikan oleh fisikawan, sehingga mau tak mau Program Studi Fisika FMIPA UNTAN diharapkan harus mampu ikut memikul sebagian tanggung jawab yang global atau bahkan universal tersebut. Dalam hal ini agar konstribusi Program Studi Fisika FMIPA UNTANmenjadi signifikan, sumbangan berupa pemikiran, penelitian, dimana penemuannya diharapkan dapat menjadi bagian ujung tombak perkembangan fisika.Tahap awal untuk merealisasikan tanggung jawab tersebut adalah penyusunan rencana strategis, yang didahului dengan menyusun Visi dan Misi serta Tujuan Program Studi Fisika FMIPA UNTAN.

Pelaksanaan proses pembelajaran pada Program Studi Fisika berdasarkan Surat Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 3494/D/T/2001, diperpanjang berdasarkan Surat Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 2320/D/T/2004, dan diperpanjang berdasarkan Surat Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 1131/D/T/2008 kemudian diperpanjangberdasarkan Surat Rektor Universitas Tanjungpura a.n. Dirjen Dikti Nomor 11185/D/T/K-N/2012. Akreditasi Program Studi Fisika FMIPA adalah peringkat B yang dikeluarkan oleh SK. BAN-PT Nomor 002/BAN-PT/AkXI/S1/IV/2008 berlaku sampai tahun 2013.

Visi

  • Menjadikan Program Studi Fisika sebagai pusat kajian ilmu-ilmu eksakta khususnya ilmu-ilmu fisika serta menciptakan luaran yang berbasis ilmu, iman dan taqwa yang unggul ditingkat lokal dan dapat berkompetisi ditingkat nasional dan internasional.

Misi

  • Menjadikan Program Studi Fisika sebagai pusat kajian ilmu-ilmu eksakta khususnya ilmu-ilmu fisika serta menciptakan luaran yang berbasis ilmu, iman dan taqwa yang unggul ditingkat lokal dan dapat berkompetisi ditingkat nasional dan internasional.

Tujuan

  • Tercapainya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang professional dalam ilmu fisika sehingga dapat berkompetisi diera globalisasi yang berorientasi kemajuan bangsa dan negara.

Galeri Jurusan Fisika

Kalimantan Barat merupakan wilayah Indonesia yang kaya dengan sumber daya alam yang tersebar di daratan dan perairan. Pengelolaan dan pengembangan potensi sumber daya alam memerlukan penguasaan bidang-bidang ilmu terkait yang ditunjang oleh ilmu dasar (basic sciences). Keberadaan Program Studi Kimia FMIPA Untan diharapkan dapat menjadi penopang dalam peningkatan sumberdaya manusia untuk mengelola sumber daya alam sehingga memberikan dampak terhadap peningkatan kualitas kehidupan.

Pelaksanaan proses pembelajaran pada Program Studi Kimia berdasarkan Surat Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 3494/D/T/2001, diperpanjang berdasarkan Surat Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 2322/D/T/2004, dan diperpanjang berdasarkan Surat Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 1140/D/T/2008 dan berlaku sampai dengan tahun 2012. Akreditasi Program Studi Kimia FMIPA adalah peringkat B yang dikeluarkan oleh SK. BAN-PT Nomor 001/BAN-PT/Ak-XI/S1/IV/2008 berlaku sampai tahun 2013.

Visi

  • Visi adalah rumusan tentang pandangan masa depan dari keadaan dan peranan yang ingin diraih oleh institusi. Visi Program Studi Kimia adalah pada tahun 2020 Program Studi Kimia menjadi institusi pengembang sumber daya alam Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran sarjana kimia yang berakhlak dan berkualitas, serta mampu berkompetisi di tingkat regional, nasional dan internasional.

Misi

Misi adalah rumusan tentang tugas-tugas yang akan dilaksanakan oleh institusi untuk mewujudkan visinya. Adapaun misi Program Studi Kimia adalah

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang inovatif dan kreatif untuk menghasilkan lulusan berwawasan lingkungan yang mampu menyelesaikan permasalahan kimia di masyarakat pengguna untuk kesejahteraan dan kemanusiaan.
  • Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan yang mengacu pada pengembangan sumber daya alam Kalimantan Barat untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Memanfaatkan ilmu dasar, teknologi dan terapannya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan

Tujuan Program Studi Kimia dirumuskan sesuai dengan Tridarma Perguruan Tinggi yaitu tugas dan darma di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yaitu

  • Menghasilkan lulusan sarjana kimia yang mampu mendukung kebutuhan pemerintah dan masyarakat akan sumber daya manusia dalam berbagai bidang.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan diri sebagai ilmuwan dan tenaga profesional yang mengidentifikasi permasalahan dan mendapatkan solusi strategis dalam permasalahan yang dihadapi.
  • Menghasilkan lulusan yang Memiliki keterampilan dalam bekerja secara mandiri maupun bekerja bersama tim dan memimpin.
  • Menghasilkan lulusan yang Berbudi pekerti luhur serta memiliki iman dan takwa yang kuat.
  • Menghasilkan lulusan yang Menguasai bahasa Inggris.
  • Menghasilkan lulusan yang Menguasai dan menggunakan teknologi komunikasi serta informasi untuk pengembangan diri.
  • Mampu bersaing di tingkat regional, nasional maupun internasional.
  • Menghasilkan luaran penelitian yang mencakup penelitian dasar maupun terapan khususnya pengembangan dan pengelolaan sumber daya alam Kalimantan Barat.
  • Mengaplikasikan ilmu dasar, teknologi dan terapan untuk kesejahteraan masyarakat.

Keberadaan Program Studi Bologi FMIPA UNTAN diharapkan dapat menjadi penopang dalam peningkatan sumber daya manusia untuk mengelola sumberdaya alam sehingga memberikan dampak terhadap peningkatan kualitas kehidupan.
Pelaksanaan proses pembelajaran pada Program Studi Biologi berdasarkan Surat Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 3494/D/T/2001, diperpanjang berdasarkan Surat Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 2321/D/T/2004, dan diperpanjang berdasarkan Surat Dirjen Dikti Depdiknas Nomor1139/D/T/2008 dan berlaku sampai dengan tahun 2012. Akreditasi Program Studi BiologiFMIPA adalah peringkat B yang dikeluarkan oleh SK. BAN-PTNomor 018/BAN-PT/Ak-XI/S1/IV/2008 berlaku sampai tahun 2013.

Visi

  • Mewujudkan Program Studi Biologi yang unggul dalam pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggiuntukmenghasilkanlulusan yang berakhlak mulia, mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki serta mempunyai daya saing yang tinggi.

Misi

  • Menyelenggarakan proses pembelajaran secara terpadu yang berorientasi pada peningkatan kualitas.
  • Meningkatkan kualitas penelitian yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
  • Melaksanakan pengabdian terhadap masyarakat yang diselaraskan dengan situasi kondisi yang berkembang.

Tujuan

  • Memiliki integritas dan motivasi tinggi, bersifat terbuka dan memiliki kemandirian kreatifitas dan kemampuan inovasi ilmiah dan biologi.
  • Menguasai ilmu biologi dan metodologi secara umum serta keterampilan dasar baik kognitif maupun praktis, bijaksana dan selalu tanggap terhadap dinamika kemajuan ilmu dan tegnologi maupun masalah yang dihadapi masyarakat sehingga maupun mamahami, menjelaskan, merumuskan dan memberikan penyelesaian.
  • Mampu mengembangkan pengetahuan biologi yang dapat diterapkan pada bidang ilmu terkait atau untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Galeri Jurusan Biologi

Seiring perkembangan teknologi komputer, berbagai bidang pekerjaan manusia semakin mudah dilakukan dengan mengadopsi teknologi ini. Proses pertukaran informasi dapat dilakukan dalam hitungan menit, perhitungan dengan cepat dan akurat, ekonomi dan perdagangan yang mudah dan efisien, prosmosi usaha jasa yang tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu, proses industri yang cepat dan dengan mutu yang terjamin.

Pada bidang industri, kemajuan teknologi komputer telah dimanfaatkan untuk otomasi proses industri itu sendiri. Otomasi dilakukan untuk meningkatkan mutu produk, efiesiensi dan daya saing perusahaan. Berbagai macam mesin industri yang dulunya dioperasikan secara manual saat ini telah dikendalikan lewat suatu sistem komputer yang kompleks. Otomasi ini memungkinkan mesin produksi beroperasi secara otomatis dan menghasilkan keragaman produk yang lebih akurat dan presisi.

Selain itu, perkembangan teknologi jaringan komputer (wired network) dan teknologi jaringan tanpa kabel (wireless network), memungkinkan pengendalian proses produksi dapat dilakukan dari jauh (remote control) lewat internet.
Pada bidang-bidang lain, keterbatasan tenaga manusia dapat diatasi dengan penggunaan tenaga robot. Saat ini robot telah banyak diciptakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan khusus seperti, melakukan packing produk industri, mengoperasikan mesin-mesin industri, menggantikan peneliti di laboratorium kimia dalam melakukan reaksi-reaksi kimia, menggantikan seorang pakar (manusia) dibidang kesehatan, bahkan robot saat ini banyak diproduksi sebagai mainan anak-anak.

Penyelenggaraan Program Studi Sistem Komputer F.MIPA Universitas Tanjungpura dimulai pada tahun 2008, berdasarkan Izin Penyelenggaraan Program Studi Sistem Komputer Universitas Tanjungpura dari Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional, Nomor 2076/D/T/2008, tertanggal 7 Juli 2008, dan mulai menerima mahasiswa pada tahun ajaran 2008–2009. Perpanjangan Izin Penyelenggaraan Program Studi Sistem Komputer diberikan sampai dengan tanggal 7 Juli 2014, berdasarkan Surat Rektor Universitas Tanjungpura, Nomor: 7324/II/T/K-N/2011, tanggal 6 Juni 2011.

Program Studi S-1 Sistem Komputer Universitas Tanjungpura, fokus pada pendidikan pada bidang Teknologi Sistem Komputer yang siap mencetak Sarjana Sistem Komputer yang profesional dan memiliki penguasaan aspek pengetahuan terhadap proses industri, pengetahuan tentang jaringan dan komunikasi data, pengetahuan dalam membangun sistem kendali proses jarak jauh berbasis jaringan komputer, membangun program otomasi pengendalian sistem industri, mampu merancang dan membangun robot untuk berbagai kepentingan.

Visi

  • Menjadi Program Studi Sistem Komputer yang unggul dan cerdas yang menghasilkan luaran yang mampu berkompetisi di tingkat Regional, Nasional dan Internasional.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas tinggi, melaksanakan penelitian, pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu komputer, untuk:

  • Menghasilkan lulusan di bidang ilmu komputer yang berakhlak mulia, berjiwa seni serta turut melestarikan budaya daerah dan bangsa yang mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidangnya.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Ilmu Komputer yang dapat bersaing secara Regional, Nasional dan Internasional yang mandiri dan mampu mengaplikasikan ilmunya dalam masyarakat.
  • Menjadikan staf pengajar dan mahasiswa Program Studi Sistem Komputer yang mampu menyelenggarakan penelitian dasar maupun terapan dalam bidangnya secara terpadu.
  • Mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia.

Tujuan

  • Tujuan Program Studi S1 Sistem Komputer Universitas Tanjungpura adalah mendidik mahasiswa melalui proses pembelajaran dengan kurikulum berbasis kompetensi di bidang ilmu komputer, sehingga lulusan mempunyai pengetahuan dan keterampilan dan mampu bersaing secara regional, nasional dan internasional.

Kalimantan Barat dikenal sebagai salah satu pulau di Indonesia yang banyak mengandung sumberdaya mineral. Sumberdaya mineral yang merupakan salah satu modal dasar pembangunan, dalam pengusahaannya diupayakan agar memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya terhadap ekonomi lokal, regional maupun nasional. Dalam skala lokal berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat. Dalam skala regional berfungsi memberikan manfaat regional, antara lain kesempatan kerja, peningkatan pendapatan daerah, pengembangan masyarakat, menciptakan sarana dan prasarana, memperkecil kesenjangan antar daerah. Dalam skala nasional berfungsi memberikan kontribusi terhadap pendapatan nasional.

Dengan demikian keberadaan suatu usaha pertambangan disamping dapat dijadikan sebagai titik pusat bagi pengembangan sumberdaya alam yang ada disuatu wilayah, juga diupayakan agar mampu menjadi penggerak utama yang dapat mendukung dan mendorong pemanfaatan seluruh potensi yang ada secara integral dengan program dan sasaran pengembangan wilayah. Untuk itulah Program Studi (PS) Geofisika hadir, yaitu berkontribusi dalam memanfaatkan dan memelihara kekayaan alam, khususnya yang ada di Kalimantan Barat. Pelaksanaan proses pembelajaran pada PS Geofisika berdasarkan pada Surat Keputusan (SK) PS Geofisika Nomor 630/E.E2/DT/2013, tanggal 10 Juli 2013. Perihal SK tersebut adalah penugasan penyelenggara PS Geofisika.

Visi

  • Visi PS(Program Studi) Geofisika adalah pada tahun 2023 PS Geofisika menjadi pusat kajian bidang kebumian yang berbasis pada kekhasan sumber daya alam Kalimantan Barat dan berdaya saing tinggi di tingkat internasional.

Misi

Misi dari PS Geofisika adalah sebagai berikut :

  • Menghasilkan lulusan di bidang Geofisika yang berakhlak mulia yang mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidangnya.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang geofisika yang dapat bersaing secara regional, nasional bahkan internasional yang mandiri dan mampu mengaplikasikan ilmunya dalam masyarakat.
  • Mendorong staf pengajar dan mahasiswa PS Geofisika agar mampu menyelenggarakan penelitian dasar maupun terapan dalam bidangnya secara terpadu.
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia.

Tujuan

Tujuan yang hendak dicapai PS Geofisika adalah :

  • Mendidik mahasiswa melalui proses pembelajaran dengan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) di bidang geofisika, sehingga lulusan mempunyai pengetahuan dan keterampilan serta mampu bersaing di tingkat internasional.
  • Mendidik mahasiswa melalui proses belajar yang memadukan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu menjawab tantangan dunia kerja di masa yang akan datang.
  • Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan perencanaan dan pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan secara efektif dan efisien.
  • Melayani masyarakat secara optimal melalui dukungan sarana dan prasana pembelajaran serta riset yang unggul.

Potensi Laut Kalimantan Barat yang berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan merupakan modal besar dalam menghadapi globalisasi. Dengan meningkatkan daya saing sumber daya manusia di Kalimantan Barat khususnya di bidang sumber daya kelautan diharapkan mampu mengoptimalkan potensi laut tersebut bagi kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat.Universitas Tanjungpura sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Kalimantan Barat, harus turut berperan aktif dalam usaha penyediaan dan peningkatan mutu pendidikan, sehingga akhirnya akan meningkatkan daya saing sumber daya manusia di Kalimantan Barat tersebut.Beberapa prestasi telah diraih oleh Universitas Tanjungpura khusunya Fakultas MIPA yang sadar akan potensi intangiabel dari bahan hayati laut Kalimantan Barat sehingga riset bertema eksplorasi laut menjadi minat eksklusif yang didukung pembiayaannya oleh DIKTI.

Riset eksplorasi laut di Universitas Tanjungpura telah menghasilkan temuan-temuan yang menjanjikan di bidang antikanker, antibakteri, antivirus dan biofuel didukung dengan luasan wilayah pesisir yang masih terjaga dengan baik. Hal inilah yang mendasari perlunya dibentuk Program Studi (PS) S-1 Ilmu Kelautan FMIPA UNTAN.
Pelaksanaan proses pembelejaran pada PS Ilmu Kelautan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen DIKTI mengenai Penugasan Penyelenggaraan PS Ilmu Kelautan Nomor 630/E.E2/DT/2013 tanggal 10 Juli 2013.

Visi

  • Visi PS (Program Studi) Ilmu Kelautan adalah pada tahun 2023 mewujudkan PS Ilmu Kelautan sebagai pusat kajian ilmu kelautan di Kalimantan Barat yang menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia dan mampu menerapkan ilmu pengetahuan di bidang kelautan, serta mempunyai daya saing yang tinggi.

Misi

  • Menghasilkan lulusan di bidang Ilmu Kelautan yang berakhlak mulia, berjiwa seni serta turut melestarikan budaya daerah dan bangsa yang mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidangnya.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Ilmu Kelautan yang dapat bersaing secara regional, nasional bahkan internasional yang mandiri dan mampu mengaplikasikan ilmunya dalam masyarakat.
  • Mendorong staf pengajar dan mahasiswa PS Ilmu Kelautan agar mampu menyelenggarakan penelitian dasar maupun terapan dalam bidangnya secara terpadu, bertaraf nasional bahkan internasional.
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia.

Tujuan

  • Mendidik mahasiswa melalui proses pembelajaran berbasis kompetensi (KBK) yang memadukan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik di bidang ilmu kelautan sehingga lulusannya memiliki pengetahuan dan keterampilan serta mampu bersaing di tingkat regional, nasional dan internasional.
  • Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan perencanaan dan pengelolaan sumber daya alam di bidang kelautan secara efektif dan efisien.
  • Melayani masyarakat secara optimal melalui dukungan sarana dan prasana pembelajaran serta riset yang unggul di bidang kelautan.

Galeri Jurusan Ilmu Kelautan

Dengan keluarnya surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor : 442/E.E2/DT/2014,Tanggal 19 Mei 2014 sebagai dasar terbentuknya Jurusan/Program Studi Sistem Informasi di FMIPA Untan. Jurusan/Program Studi Sistem Informasi sejak pendiriannya sudah berusaha menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Muatan kurikulum ini terdiri dari kurikulum teori106 sks (73%) dan kurikulum praktek 38 sks (27%) yang total berjumlah 144 SKS. Kurikulum praktek dan kurikulum teori di tetapkan berdasarkan masukan pakar sejawat dan kalangan industri dengan penekanan pada kompetensinya.

Dalam melaksanakan proses pembelajaran Program Studi Sistem Informasi menggunakan strategi Student Center Learning dimana mahasiswa diarahkan untuk lebih aktif dalam mencapai hasil pembelajaran. Hal ini diterapkan dalam berbagai macam diskusi, tugas kelompok dan penyelenggaraan seminar mahasiswa. Proses belajar mengajar ditempuh dalam minimal 4 kali pertemuan setiap semester termasuk dengan Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.

Sistem Informasi adalah bidang studi yang mencakup teori dan praktik yang berhubungan dengan informasi yang dapat disediakan oleh sistem komputer untuk membantu organisasi dalam mendefinisikan dan mencapai tujuannya, dan proses yang dapat diimplementasikan atau diperbaiki oleh organisasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Seorang spesialis Sistem Informasi memfokuskan pekerjaannya pada integrasi antara solusi teknologi informasi dan proses-proses bisnis untuk memenuhi kebutuhan informasi dari organisasi dalam mencapai tujuan-tujuannya secara efektif dan efisien. Oleh karena itu seorang spesialis Sistem Informasi seharusnya mampu menganalisis kebutuhan informasi dan proses-proses bisnis dalam organisasi, dan mampu menspesifikasi, mengadakan, atau mendesain sistem berbasis teknologi informasi yang sejalan dengan tujuan dan nilai organisasi.

Visi

  • Menjadi program studi unggul dalam pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang Sistem Informasi di tingkat nasional dan internasional melalui integrasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Misi

Misi program studi Sistem Informasi FMIPA adalah:

  • Menyelenggarakan sistem pendidikan yang efektif, efisien, akuntabel dan berkelanjutan dalam rangka menghasilkan lulusan sarjana Sistem Informasi.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Sistem Informasi, berjiwa wirausaha (entrepreneur) dan dapat berperan positif di tingkat nasional dan internasional (world class).
  • Meningkatkan kontribusi dan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam masyarakat dengan mengembangkan produk dan layanan dalam bidang Sistem Informasi di tingkat regional, nasional maupun internasional.

Tujuan

Tujuan Program Studi S1 Sistem Informasi Universitas Tanjungpura adalah :

  • Menghasilkan lulusan yang mempunyai sikap profesionalisme dan etika profesi yang tinggi berdasarkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esadan kecintaan pada budaya dan seni.
  • Menghasilkan lulusan yang mempunyai wawasan dan menguasai pengetahuan teknologi informasi dan penggunaannya untuk membantu pelaksanaan manajemen dan proses bisnis.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan rancang bangun system informasi berbasis komputer dan menimplementasikannya dengan metode, teknik dan alat bantu tertentu berikut dokumentasinya.
  • Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan wirausaha, berjiwa kepemimpinan dan mampu mengembangkan bidang ilmu/teknologi informasi.

Statistika merupakan cabang ilmu Matematika yang berkaitan dengan teknik-teknik pengumpulan, penyajian dan analisis data yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Statistika menjadi salah satu ilmu dasar yang diperlukan ketika mahasiswa mengerjakan Tugas Akhir. Oleh karena itu, melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan pemerintah menetapkan mata kuliah Statistika sebagai salah satu matakuliah yang wajib termuat dalam kurikulum satuan pendidikan tinggi. Pelaksanaan penyelenggaraan program studi statistika berdasarkan Surat Keputusan Dirjen DIKTI mengenai Penugasan Penyelenggaraan Program Studi statistika Nomor 630/E.E2/DT/2013 tanggal 10 Juli 2013.

Visi

  • Menjadikan Program Studi Statistik sebagai penyelenggara Tridharma Perguruan Tinggi bidang Statistika dan terapannya yang mampu bersaing di tingkat Internasional pada tahun 2033.

Misi

Misi program studi Statistika FMIPA adalah:

  • Menyelenggarakan pendidikan statistika yang unggul dan bertaraf internasional.
  • Melaksanakan penelitian dan memberikan layanan konsultasi serta jasa dalam bidang statistika dan terapannya.

Tujuan

Tujuan Program Studi S1 Statistika Universitas Tanjungpura adalah :

  • Menghasilkan lulusan yang menguasai konsep dasar statistika, terampil dan ahli dalam berbagai teknik statistika dan terapannya.