Disable Preloader

Sistem Informasi

PROGRAM STUDI Sistem Informasi

Berdasarkan Keputusan Menteri Nomor: 442/E.E2/DT/2014 tanggal 19 Mei 2014, Jurusan/Program Studi Sistem Informasi sejak pendiriannya sudah berusaha menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Saat ini berubah menjadi Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) yang sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Muatan kurikulum ini terdiri dari kurikulum teori 101 sks (70%) dan kurikulum praktek 43 sks (30%) yang total berjumlah 144 SKS. Kurikulum praktek dan kurikulum teori di tetapkan berdasarkan masukan pakar, sejawat dan kalangan industri dengan penekanan pada kompetensinya.

Dalam melaksanakan proses pembelajaran Program Studi Sistem Informasi menggunakan strategi Student Centered Learning dimana mahasiswa diarahkan untuk lebih aktif dalam mencapai hasil pembelajaran. Hal ini diterapkan dalam berbagai macam diskusi, tugas kelompok dan penyelenggaraan seminar mahasiswa. Disamping itu dikembangkan pula berbagai kemampuan soft skils, yakni kemampuan-kemampuan dalam berkomunikasi, bekerja dalam tim, menulis karya ilmiah, berfikir kreatif dan inovatif serta memiliki etika profesi. Kemampuan-kemampuan tersebut menyatu didalam kurikulum Program Studi Sistem Informasi dan dibangun melalui tugas-tugas kelompok, presentasi, diskusi, kerja praktek dan lain-lain.

Program Studi Sistem Informasi mengajarkan landasan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi informasi dalam suatu organisasi. Terkait hal tersebut kurikulum Program Studi Sistem Informasi bersifat khas karena dibangun diatas 3 (tiga) bidang yaitu: Ilmu Komputer, Manajemen dan Bisnis. Selama perkuliahan mahasiswa akan dibekali dengan berbagai kompetensi di ketiga bidang tersebut agar mampu memberikan solusi terkait sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

VISI

  • Menjadi program studi berstandar nasional dalam bidang penerapan sistem informasi yang berkualitas serta menghasilkan lulusan yang mampu berkompetisi di tingkat daerah, nasional dan  internasional pada tahun 2023.

MISI

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang menanamkan nilai-nilai moral, etika, dan berjiwa wirausaha yang mempunyai keahlian yang siap bersaing di tingkat daerah, nasional maupun internasional, dan mampu menciptakan peluang kerja baru.
  2. Menyelenggarakan  penelitian yang memenuhi prinsip-prinsip etika dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang sistem informasi dengan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi institusional dalam rangka memberikan kontribusi pada pemberdayaan masyarakat melalui penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pelayanan kepada masyarakat.

TUJUAN

  1. Menghasilkan sarjana Sistem Informasi yang berkualitas dan profesional yang mampu bersaing di bidang pengkajian dan penerapan teknologi informasi di tingkat nasional.
  2. Melaksanakan penelitian berkualitas yang memenuhi prinsip-prinsip etika dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menjawab kebutuhan mayarakat dalam mengatasi permasalahannya.
  3. Menerapkan ilmu pengetahuan di bidang sistem informasi dengan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Terjalinnya kerja sama riset dan pelayanan masyarakat dengan pihak luar yang mendukung peningkatan ketersediaan sumber daya internal dan peningkatan kompetensi sarjana yang dihasilkan.

KELOMPOK KAJIAN

  1. Bisnis Cerdas
  2. Manajemen Sistem Informasi
  3. Manajemen & Pengembangan Perangkat Lunak

Daftar Pengajar Program Studi Sistem Informasi

No Nama Dosen NIP
1 Ilhamsyah, S.Si., M.Cs. 198405102012121001
2 Beni Irawan, S.Kom., M.Kom 197107181998021001
3 Nurul Mutiah, S.T., M.T. 198711182015042002
4 Renny Puspita Sari, S.T., M.T. 198704182015042001
5 Dian Prawira, S.T., M.Eng 198411132015041007
6 Syahru Ramayudha, S.Kom., M.Kom 0
7 Istikoma, B.Sc., M.I.T 0
8 Yulianti, S.Kom, MMSI 197210162008012005

Mahasiswa Berprestasi Program Studi Sistem Informasi

No Nama Mahasiswa Prestasi