Disable Preloader

Geofisika

PROGRAM STUDI Geofisika

Kalimantan Barat dikenal sebagai salah satu pulau di Indonesia yang banyak mengandung sumberdaya mineral. Sumberdaya mineral yang merupakan salah satu modal dasar pembangunan, dalam pengusahaannya diupayakan agar memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya terhadap ekonomi lokal, regional maupun nasional. Dalam skala lokal berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat. Dalam skala regional berfungsi memberikan manfaat regional, antara lain kesempatan kerja, peningkatan pendapatan daerah, pengembangan masyarakat, menciptakan sarana dan prasarana, memperkecil kesenjangan antar daerah. Dalam skala nasional berfungsi memberikan kontribusi terhadap pendapatan nasional.

Dengan demikian keberadaan suatu usaha pertambangan disamping dapat dijadikan sebagai titik pusat bagi pengembangan sumberdaya alam yang ada disuatu wilayah, juga diupayakan agar mampu menjadi penggerak utama yang dapat mendukung dan mendorong pemanfaatan seluruh potensi yang ada secara integral dengan program dan sasaran pengembangan wilayah. Untuk itulah Program Studi (PS) Geofisika hadir, yaitu berkontribusi dalam memanfaatkan dan memelihara kekayaan alam, khususnya yang ada di Kalimantan Barat. Pelaksanaan proses pembelajaran pada PS Geofisika berdasarkan pada Surat Keputusan (SK) PS Geofisika Nomor 630/E.E2/DT/2013, tanggal 10 Juli 2013. Perihal SK tersebut adalah penugasan penyelenggara PS Geofisika.

VISI

  • Pada tahun 2028 Program Studi Geofisika FMIPA UNTAN menjadi institusi penyelenggara pendidikan dan pengkajian geofisika yang berbasis pada kekhasan sumber daya alam Kalimantan Barat dan menghasilkan luaran yang dapat berkompetisi di tingkat nasional.

MISI

  1. Menyelenggarakan pembelajaran geofisika secara komprehensif berbasis pada kekhasan sumber daya alam Kalimantan Barat.
  2. Mengembangkan kegiatan penelitian geofisika dan terapannya untuk mengkaji potensi kebumian Kalimantan Barat.
  3. Memberikan informasi, pelatihan, jasa serta konsultasi yang dapat membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalah di bidang geofisika dan terapannya.
  4. Membangun jaringan kerjasama dengan pemangku kepentingan (stakeholder).

TUJUAN

 

Berdasarkan visi dan misi PS maka tujuan dari PS Geofisika FMIPA UNTAN antara lain:

  1. Menghasilkan lulusan PS Geofisika yang:
    1. Mampu berpikir kritis, kreatif, inovatif dalam bidang geofisika yang berbasis pada kekhasan sumber daya alam Kalimantan Barat.
    2. Memiliki daya analitis dan logis dalam penerapan bidang geofisika dan bidang-bidang lain yang tekait.
    3. Mampu mengaplikasikan pengetahuan geofisika untuk melakukan eksplorasi potensi kebumian Kalimantan Barat.
    4. Memiliki kemampuan bekerja secara mandiri maupun bekerja sama dalam tim.
    5. Mampu berkomunikasi dan bertanggung jawab sesuai bidang ilmunya.
    6. Memiliki etika profesi yang baik
  2. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk merencanakan pengelolaan potensi sumber daya alam yang berwawasan lingkungan secara efektif dan efisien.
  3. Menjalin kerja sama dengan stakeholder dalam rangka meningkatkan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi.

PROFIL LULUSAN

 

Profil lulusan Program Studi Geofisika merupakan sarjana sains yang mampu memberikan solusi bagi pemecahan masalah sesuai kaidah ilmiah dan etika akademik berdasarkan konsep-konsep Geofisika, menganalisis perkembangan bidang sains kebumian, sains atmosfer dan oseanografi fisis.

Profil lulusan PS Geofisika mampu bekerja sebagai :

1. Asisten Peneliti

    Lulusan Prodi Geofisika memiliki dasar-dasar keahlian di bidang geofisika yang dengan keahliannya ini mereka dapat membantu para peneliti      di perguruan tinggi, lembaga  penelitian        (LIPI, BMKG, LAPAN), instansi pemerintahan (ESDM, BPBD) dan industri.

2. Surveyor

    Lulusan Prodi Geofisika diberikan kompetensi tentang berbagai metode geofisika sehingga dapat merancang dan melakukan survei lapangan.

3. Konsultan

    Lulusan Prodi Geofisika diberikan kompetensi untuk menganalisis, memodelkan, menginterpretasikan dan membuat kesimpulan berdasarkan       metodologi geofisika.

4. Praktisi

    Lulusan Prodi Geofisika dibekali dengan pengetahuan geofisika yang baik sehingga dapat menjadi praktisi yang mengikuti perkembangan            ilmu  geofisika kontemporer serta dapat               memberikan penyelesaian dari permasalahan geofisika yang dihadapi.  

Selain itu, lulusan PS Geofisika dapat menjadi enterpreneur, tenaga pengajar, atau bekerja di bidang-bidang lain yang terkait serta dapat pula  melanjutkan ke jenjang pendidikan yang       lebih tinggi sehingga mampu berperan sebagai akademisi, dosen, dan peneliti.  

 

Daftar Pengajar Program Studi Geofisika

No Nama Dosen NIP
1 Yoga Satria Putra, S.Si., M.Si 197910252005011002
2 Irfana Diah Faryuni, S.Si., M.Si 198510132008122004
3 Hasanudin, S.Si, M.Si 198412162008121003
4 Dwiria Wahyuni, S.Si, M.Sc 198206082008122001
5 Riza Adriat, S.Si, M.Si 0
6 Muhardi, S.Si, M.Sc 0
7 Zulfian, S.Si, M.Si 0
8 Muliadi, S.Si, M.Si 197005101999031003

Mahasiswa Berprestasi Program Studi Geofisika

No Nama Mahasiswa Prestasi