Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Fisika FMIPA Untan

Jurusan Fisika FMIPA Untan baru-baru ini telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun yang dilakukan oleh Jurusan Fisika. Kegiatan PKM kali ini adalah mengadakan pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru mata pelajaran Fisika tingkat SMA dan sederajat di Kabupaten Bengkayang yakni pada hari Sabtu, 12 September 2015. Kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah ini merujuk pada Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-undang Nomor14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru telah mengamanatkan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikasi pendidik. Selain itu, guru dituntut pula untuk menulis dan mendiseminasikan karya tulis ilmiah seperti yang tercantum dalam Publikasi Karya Ilmiah Inovatif (PIKI).
Agenda tahunan ini merupakan yang ke tujuh kalinya. Kegiatan PKM kali ini kerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Seksi/Kasi Tenaga Kependididkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Bengkayang, Rudi, M.MPd.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Ketua Jurusan Fisika, FMIPA yaitu Andi Ihwan, M.Si. juga mengikutsertakan dosen dan mahasiswa di Jurusan Fisika. Materi yang disampaikan terdiri dari pedoman penulisan karya ilmiah, review penulisan karya ilmiah, dan teknik penggunaan template jurnal ilmiah. Adapun tujuan yang ingin disampaikan dalam kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan informasi dan pengetahuan, serta melatih guru-guru di Kabupaten Bengkayang tentang penulisan karya ilmiah yang baik dan benar.

Ketua MGMP Fisika Bengkayang Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika Bapak Sauji ST. (Kiri) dan Kepala Seksi/Kasi Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Bengkayang Rudi, M.MPd (Kanan).

Kegiatan Pelatihan PKM Fisika Aktivitas Kegiatan Pelatihan : Pedoman penulisan karya ilmiah

Review penulisan karya ilmiah Aktivitas Kegiatan Pelatihan : Review penulisan karya ilmiah

Teknik penggunaan template jurnal ilmiah Aktivitas Kegiatan Pelatihan : Teknik penggunaan template jurnal ilmiah

Selain membimbing penulisan, Tim Pelaksana PKM Jurusan/Prodi Fisika juga turut menginformasikan dua jurnal yang saat ini dikelola oleh Jurusan/Prodi Fisika, Universitas Tanjungpura, yaitu POSITRON dan PRISMA. Jurnal POSITRON diterbitkan dengan frekuensi dua kali setahun dan dapat diakses di http://positron.untan.ac.id.

Positron

Jurnal PRISMA FISIKA terbit pertama kali bulan Maret 2013 dan diterbitkan dengan frekuensi tiga kali setahun dan juga dapat diakses di http://positron.untan.ac.id. Redaksi menerima makalah ilmiah hasil penelitian di bidang fisika baik yang bersifat teoritis maupun terapan. Makalah yang dikirim dapat diterbitkan setelah dinilai oleh mitra bestari dan diputuskan oleh dewan redaksi. Adanya informasi tersebut diharapkan menggugah para guru untuk mengajukan karya tulis ilmiahnya pada jurnal-jurnal tersebut.

Publikasi Riset Mahasiswa

Para guru yang merupakan peserta kegiatan menunjukkan antusias mereka dalam pelatihan dengan banyak mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang diberikan. Pertanyaan tersebut seperti bagaimana prosedur untuk mengirimkan karya tulis mereka ke jurnal yang dikelola jurusan/prodi. Harapan dari para guru juga tercetus saat pelatihan tersebut yaitu mereka berharap agar kegiatan ini dapat berkelanjutan karena sangat bermanfaat untuk guru-guru tersebut.

Selain memberikan pelatihan penulisan, Tim Pelaksana PKM Jurusan/Prodi Fisika juga mengadakan sosialisasi tentang jurusan/prodi mereka di SMA 1 Bengkayang, SMA 2 Bengkayang, SMA 3 Bengkayang dan juga SMA Borneo Bengkayang. Sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan informasi yang jelas dan terperinci tentang Jurusan/Prodi Fisika di Universitas Tanjungpura.

Sosialiasi
Sosialisasi ke sekolah-sekolah foto kiri atas SMA 2 Bengkayang, foto kanan atas SMA 3 Bengkayang, dan foto bawah SMA Borneo Bengkayang.

Sebelum meninggalkan Kabupaten Bengkayang, Tim Pelaksana PKM Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Tanjungpura menyempatkan diri untuk berpamitan kepada ketua MGMP Fisika selaku tuan rumah acara ini. Tim juga berharap agar kegiatan pelatihan ini bermanfaat untuk guru-guru di Kabupaten Bengkayang, khususnya para guru mata pelajaran Fisika

Leave a reply