MIPA Untan Siap Gulirkan OSN Pertamina 2015

PT Pertamina yang merupakan BUMN terbesar di bidang energi dan petrokimia kembali menunjukkan tanggung jawab besarnya untuk selalu ikut berkontribusi bagi pembangunan bangsa Indonesia.

Satu di antara bentuk kontribusi tersebut adalah komitmen yang tinggi untuk memajukan pendidikan di perguruan tinggi Indonesia dengan cara menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN Pertamina).

Pada tahun 2015 ini, Pertamina bersama Universitas Indonesia (UI) dan didukung oleh Perguruan Tinggi (PT) di seluruh provinsi di Indonesia kembali menyelenggarakan OSN Pertamina yang ke-8 kalinya.

Ketua PIC Kalbar yang juga Dekan Fakultas MIPA Untan, Dadan Kusnandar, menjelaskan bahwa OSN merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi para mahasiswa dari PTN/PTS di seluruh Indonesia. OSN juga menjadi wadah generasi muda mengekspresikan diri, menampilkan karya cipta, serta mengukir prestasi.

“OSN Pertamina 2015 bahkan mulai dirancang menjadi ajang kompetisi ilmiah dan wadah pengekspresian diri, penampilan karya cipta, serta pengukiran prestasi tingkat regional ASEAN. Sekarang panitia sudah mengundang dan melibatkan para mahasiswa dari PTN/PTS di seluruh Indonesia dan Perguruan Tinggi terbaik di negara-negara ASEAN,” ujar Dadan kepada awak media, kegiatan Video conference yang dilaksanakan antara Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, PT Mitra di Provinsi dan Media Massa yang dilaksanakan serentak di 42 PT Mitra di seluruh Indonesia, termasuk di Untan, Rabu (16/9/2015).

Dadan menambahkan, kompetisi ini diselenggarakan setiap tahun dan dimulai pertama kali pada tahun 2008 dengan nama OSN-PTI (Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi se-Indonesia). Sedangkan untuk model dan sistem kompetisi OSN Pertamina terangnya secara dinamis terus mengalami penyempurnaan sejak awal diselenggarakan hingga saat ini.

Dia mengatatakan, FMIPA Untan merupakan mitra OSN Pertamina di Kalbar untuk dua kategori, yakni Kategori Teori terbagi menjadi bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi, dan kategori Proyek Sains karya cipta dari tiga bidang, di antaranya bidang aplikasi perangkat lunak (APL) rancang bangun (RB), dan produk unggulan (PU).

Sampai saat ini katanya, sudah ada sekitar 56 mahasiswa yang sudah mendaftar secara ‘online’ dari target sebanyak 600 mahasiswa di Kalbar. Adapun tahapan kompetisi OSN Pertamina 2015, yakni Seleksi tingkat provinsi (kategori teori dan poster proyek sains) 15 Oktober 2015.

Tahapan seleksi wawancara proyek sains 19-20 Oktober 2015, pengumuman peserta yang ikut babak seleksi tingkat nasional (kategori teori) & babak seleksi tingkat regional ASEAN (kategori proyek sains) 21 Oktober 2015, seleksi tingkat nasional (kategori teori) & tingkat regional ASEAN (kategori proyek sains) 21-26 November 2015.

Penulis: Dedy
Editor: Arief

Leave a reply