Disable Preloader

Detail Berita

Himpunan Mahasiswa Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura (Himasta FMIPA Untan) menggelar webinar Nasional Pestanas 2021 dalam rangka Hari Statistik Nasional pada tanggal 26 September lalu. Webinar yang bertemakan “The New Normal Era: Strategy for Recovering Health and Economic of Indonesia with Data Science” ini dilaksanakan secara daring di Zoom Meeting, Sabtu (25/9/2021).

Tema ini sesuai dengan konsep acara kegiatan Pestanas 2021, yaitu Ekonomi dan Kesehatan. Tujuan diadakannya webinar adalah untuk meningkatkan wawasan masyarakat tentang ilmu statistik dan peran statistik dalam menentukan strategi pemulihan masalah dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang memaknai pentingnya statistik dan peran statistisi dalam menghasilkan data yang berkualitas dan bermanfaat. 

Adapun masalah yang dibahas dan diperbincangkan dalam acara webinar adalah tentang pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap ekonomi dan kesehatan di Indonesia, dan bagaimana memanfaatkan data untuk menentukan strategi dalam menghadapi tantangan kedepannya dan bagaimana memulihkan ekonomi dan kesehatan di Indonesia.

Berdasarkan absensi, tercatat ada sebanyak 372 orang peserta yang terdaftar dan hadir, berasal dari 23 Provinsi se-Indonesia, diantaranya dari Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sumatra Barat, Aceh, Lampung, Riau, Sumatra Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, NTT, NTB, Sumatra Utara, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, dan lain-lain.

Hadir sebagai narasumber, Statistisi Ahli Madya Badan Pusat Statistik Kalimantan Barat Bapak Hakim Azizi, S.ST.,MM, Pakar Covid Nasional, RSUP dr. Suradji Tirtonegoro Klaten dr, Azzaky, Sp.PD.,FINASIM. Acara webinar yang dimoderatori oleh Muhammad Fikri S.Stat, Mahasiswa Master Statistika IPB.

Kemudian, hadir juga tamu undangan Dekan FMIPA Untan Dr. Gusrizal, S.Si.,M.Si., Wakil Dekan 1 FMIPA Untan Yudha Arman, D.Sc, Sekretaris Jurusan Matematika FMIPA Untan Dr. Yundari, M.Sc., Ketua Prodi Statistika FMIPA Untan Naomi Nessyana Debataraja, S.Si.,M.Si., Pembina Himpunan Mahasiswa Statistika FMIPA Untan Hendra Perdana, S.Si.,M.Sc., Dosen Jurusan Matematika FMIPA Untan.

Sementara dari tamu undangan mahasiswanya, hadir Ketua BEM, Ketua DPM FMIPA Untan, dan Ketua Umum Lembaga Himpunan serta UKM dalam Lingkup FMIPA Untan.

Sebelum acara dimulai, disajikan penampilan video tari tradisional oleh UKM Art Laboratory FMIPA Untan, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian laporan dan kata sambutan dari Ketua Pestanas 2021 Frans Xavier Natalius Antoni, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Statistika FMIPA Untan Wahyudin, dan Dekan Fakultas MIPA Untan.

Setelah penyampaian laporan dan kata sambutan, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa dan dokumentasi. Seusai rangkaian kegiatan pembukaan Webinar Pestanas 2021 selesai, masuk ke acara inti kegiatan, yaitu penyampaian materi oleh kedua narasumber, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Pada akhir acara, terdapat kegiatan pembacaan pemenang lomba Statistic Competition dan Pestanas Contest yang sudah dilaksanakan sebelumnya, serta pengumuman penanya terbaik dan doorprize peserta beruntung yang dipandu oleh MC Acara. 

Share :

Kategori Berita: Kegiatan Kemahasiswaan