Disable Preloader

Detail Berita

Narasumber yang mengisi talkshow Sosialisasi Gerakan Dosen Nge-Blog di Gedung Konferensi Teater 1 Universitas Tanjungpura (Untan) menyambut baik kegiatan sosialisasi yang diselenggarkan, Kamis (11/03/2020).

Sosialisasi Dosen Nge-Blog diikuti oleh dosen-dosen di lingkungan Untan, dimana setiap fakultas mengirimkan perwakilan 15 orang dosen untuk menjadi peserta. Sosialisasi tersebut dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi penyampaian sosialisasi Gerakan Nge-Blog oleh Ketua Pelaksana dan Talkshow bersama narasumber.

Sesi Talkshow diisi oleh dua narasumber yang merupakan seorang blogger. Mereka adalah Dwi Wahyudi, Founder bloggerborneo.com, Manajer Divisi Olahan dan Franchise Boreneofood Indotama; dan Musa Amin, M.T., Dosen Teknologi Informasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pontianak. Selain menjadi dosen, Musa juga aktif menulis pengetahuan tentang Linux di blog pribadinya di musaamin.web.id dan juga bekerja sebagai sistem adiministrator beberapa server di Indonesia yang bekerja dengan sistem remote dari rumah.

Kedua narasumber menyambut baik kegiatan sosialisasi ini. Sebab, selain sebagai upaya untuk meningkatkan peringkat Webomatrics Untan; gerakan ini merupakan langkah awal untuk dosen mencurahkan ilmu, pengetahuan dan pengalamannya di blognya.

“Menurut saya, kegiatan sosialisasi ini benar-benar suatu hal yang positiflah ya....” ujar Dwi Wahyudi.

Founder bloggerborneo.com ini berpendapat bahwa dosen sudah memiliki potensi untuk mengekspresikan diri dan membagikan ilmu pengetahuan serta pengalamannya.

“Dosen ini memiliki potensi, dalam artian mengekspresikan dirinya. Kalau kita kan bingung mau buat tulisan dengan topik apa. Tapi kalau dosen kan sudah ada bidang ilmunya, sumber informasi dan ilmu pengetahuan sudah ada di tangan mereka. Tinggal menuliskan kembali dengan bahasanya agar mudah dipahami. Misal, kalau mereka dosen informatik ya tentang informatik, kalau tentang akuntansi ya akuntasi yang ditulis” tambahnya.

Ia juga menuturkan alasan mengapa dosen harus memiliki blog.

“Mengapa sih dosen harus punya blog, ya karena disatu sisi ini juga bisa menjadi sarana eksitensinya mereka” tutur Dwi.

Selama talkshow, masing-masing narasumber menyampaikan latar belakang mereka terjun ke dunia blog dan pengalaman mereka selama nge-blog serta menyampaikan motivasi untuk para peserta agar tertarik nge-blog. Ada yang menarik dari penyampaian Founder bloggerborneo.com saat ia menyampaikan motivasi mengapa manusia harus menulis. Menurutnya, menulis adalah salah satu cara untuk berbagi pengetahuan dan mendatangkan amal ibadah, sesuatu yang ditulis dan dibagikan akan mendatangkan manfaat bagi mereka yang membacanya; sebab tulisan akan selalu dikenang, tidak akan hilang sekalipun kita sudah meninggal dunia.

Dari sudut pandang seorang dosen, narasumber yang menulis blog tentang Linux dan seputar teknologi informasi juga menyampaikan pendapat serupa, menulis di blog dapat mendatangkan kebermanfaatan.

“Dosen menulis di blog itu sangat-sangat bermanfaat, nanti dosennya itu bisa menulis kembali ilmu pengetahuan yang diajarkannya” ucapnya.

Musa mengatakan bahwa mahasiswa di seluruh Indonesia yang membaca tulisan dosen di blog bisa menjadi mahasiswanya secara tidak langsung saat membaca isi blognya, ilmu yang dimiliki bisa tersebar dan terjangakau lebih luas dengan biaya yang murah dan cepat. Menurutnya, tulisan di blog bisa mendatangkan motivasi dan kebermanfaatan untuk mereka yang membacanya.

“Dari sisi dosen, saat menulis di blog, mereka bisa mengajar lebih luas tanpa harus tatap muka. Harapannya, dosen nge-blog di Untan nanti bisa menjadi hal yang biasa, mereka sudah nge-blog dengan sendirinya; bahkan nanti karena mahasiswanya melihat dosen-dosennya nge-blog mahasiswanya tertarik juga” harap Musa.

Kegiatan sosialiasi ditutup dengan acara foto bersama seluruh peserta dengan tim pelaksana dan narasumber yang hadir. Setelah sosialisasi, dua kegiatan yang akan segera dilaksanakan adalah workshop dan reward untuk blog dosen terbaik.

Peserta yang hadir diarahkan untuk mendaftarkan diri dikegiatan selanjutnya melalui link berikut ini http://bit.ly/dosenGo-Blog

Share :

Kategori Berita: Agenda Kegiatan Dosen