Disable Preloader

Detail Berita

Pontianak – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura (FMIPA Untan) gelar Pelatihan Kewirausahaan “Great Entrepreneur Training” di Ruang Senat FMIPA Untan, Kamis (15/18/2019).

Pelatihan yang berlangsung seharian ini mengangkat tema “Pengembangan Creativepreneuer di Era Revolusi Industri 4.0”.

Materi pelatihan ini disampaikan oleh Afif Ar-Rahman, Founder dan Trainer AFA Training Center. Dan dipandu oleh Muhammad Hafidz Andrian, Profesional Trainer dari AFA Training Center, Founder Great Generation.

Menurut Afif, acara pelatihan ini merupakan salah satu jasa pelatihan motivasi dari AFA Training Center, satu diantara tujuh unit cabang bisnis yang dimiliki oleh AFA Group.

“Materi ini penting diberikan untuk mahasiswa Untan supaya mereka dapat awareness dalam dunia bisnis, bagaimana mereka bisa tahu bisnis kekinian yang berbasis digital, dan bagaimana menciptakan usaha yang simpel, mudah, praktis dan terjangkau. Ini yang akan kita jelaskan ke mahasiswa nanti” jelas Afif.

Ia juga menjelaskan bahwa output dari acara ini adalah dapat mencetak kelompok-kelompok bisnis, yang nantinya dapat menjadi agen-agen wirausaha mahasiswa FMIPA Untan. Dimana mereka tidak hanya aktif belajar diperkuliahan saja, melainkan juga bisa mengembangkan usaha.

“Nantinya, syukur-syukur mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan merekrut orang-orang untuk bergabung diusaha bisnisnya, sehinga usaha pengabdian masyarakat diperguruan tinggi dapat terealisasikan” tambahnya.

Ia juga berpesan bahwa dalam dunia usaha, satu modal utama yang harus kita miliki oleh kita adalah rasa percaya diri.

“Dalam dunia usaha, modal pertama yang harus dimiliki adalah percaya diri. Yang kedua, kita ini memiliki modal yang luar biasa, jangan pernah menyalahkan keadaan untuk menjadi hebat dan sukses. Karena setiap orang, setiap mahasiswa, siapapun dia, kulit hitam atau putih, dari kota atau desa, semua memiliki kesempatan yang sama. So, semua mendapatkan kesempatan. Ayo, action, action dan action, saya yakin pasti nantinya kita akan menjadi mahasiswa dan entrepreneur yang hebat” tegas Afif.

Selain mendapatkan materi dan motivasi, peserta juga mendapatkan challenge untuk menjadi seorang marketing.

“Untuk acara hari ini Alhamdulillah ya sukses, dalam artian seru, peserta sangat antusias karena kita ada kegiatan indoor dan juga outdoor, dimana mereka mendapatkan teori dan juga praktek langsung turun ke lapangan” ucap Hafidz.

Menurutnya, menjadi mahasiswa itu adalah tanggung jawab dan kewajiban untuk menjadi luar biasa dan harus selalu memiliki kreativitas.

“Untuk teman-teman peserta, intinya, menjadi mahasiswa ini adalah satu buah tanggung jawab sebenarnya dan kewajiban untuk menjadi luar biasa, bukan lagi yang biasa-biasa aja. So, yang dibutuhkan untuk menjadi mahasiswa itu harus banyak berpikir cerdas, jadi bukan hanya berpikir keras dan berpikir tuntas” pesannya.

“Mahasiswa harus bisa menghasilkan kreativitas-kreativitas terbaru, inovasi-inovasi terbaru yang harus mereka berikan untuk berbagai permasalahan di negeri ini khususnya. Jadi mereka bisa memberikan solusi, baik itu jangkan pendek dan juga panjang” tambah Hafidz.

Tidak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa setiap mahasiswa itu memiliki peluang sukses yang sama. Founder dan Spritual Motivation Trainer Great Generation ini juga berharap agar teman-teman peserta yang mengikuti acara pelatihan ini tidak mudah menyerah dalam berusaha, tidak menyalahkan keadaan dan selalu berpikir positif untuk setiap niat usaha yang dilakukannya.

“Terus semangat… Satu, jangan pernah menyerah, karena tentunya kalau kita menyerah, selesailah sudah semuanya. Setiap mahasiswa punya peluang sukses yang sama. Jangan pernah menyalahkan keadaan, jangan pernah berpikir tidak bisa, karena sekali kita berpikir tidak bisa maka yakinlah kau tidakkan bisa. Positif thinkinglah, niatkan bisa, mintalah pada Tuhan agar dimudahkan jalannya. Yang ketiga, berikan ikhtiar terbaik, berproseslah, karena hasil tidak akan menghianati proses” ujar Hafidz.

Share :

Kategori Berita: Agenda Kegiatan Kemahasiswaan