Disable Preloader

Detail Berita

Program Studi Rekayasa Sistem Komputer (Prodi Resiskom) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura (FMIPA Untan) menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ke Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubur Raya, Kamis (13/10/2021). Ketua Prodi Resiskom Ikhwan Ruslianto, S.Kom., M.Cs. berharap, PKM bisa menjadi momentum untuk mengoptimalkan potensi desa dengan teknologi informasi di Era Revolusi Industri 4.0.

Ia menilai desa merupakan pusat peradaban yang mempunyai banyak potensi, seperti potensi alam, sumber daya manusia (SDM), dan finansial.

“Setiap wilayah pasti dimulai dari desa dan kita tahu bahwa desa itu ada banyak sekali potensinya. Ada potensi alam, SDM, dan finansial. Nah Itulah yang harus kita optimalkan,” tuturnya.

Berawal dari potensi itulah pihaknya menjalin menjalin kolaborasi dan sinergi dengan Desa Parit Baru. Dia menambahkan, potensi lainnya yang dapat dioptimalkan di desa di antaranya adalah potensi pertanian, peternakan, perikanan, kelautan, administrasi, perkantoran dan kependudukan.

Pada PKM yang mengusung tema "Pemanfaatan Teknologi Inovasi Akuaponik Berbasiis Internet of Things dalam Menghadapi Isu Ketahanan Pangan di Desa Parit Baru", Ikhwan Ruslianto menjelaskan, tujuan PKM selain untuk mengedukasi pentingnya inovasi teknologi ialah untuk menjalin kolaborasi dan sinergi dalam mewujudkan Smart Village (Desa Pintar) di era 4.0

“Hadirnya PKM ini yang paling penting adalah kita ingin mengedukasi desa bahwa sekarang ini kita sudah masuk dalam Revolusi Industri 4.0, bahkan menjelang 5.0. Desa pun tidak ada salahnya mengikuti peradaban dan perkembangan tersebut,” tambah dia.

Melalui banyak potensi di era 4.0 saat ini, lanjut dia, merupakan momentum yang tepat untuk kampus sebagai institusi pendidikan membantu pengembangan desa. 

“Kita dari pihak kampus memberikan gambaran kepada mereka untuk mengembangkan desa lebih untuk maju, lebih mandiri, yang terpenting secara finansialnya bisa meningkatkan perekonomian desa dan masyarakatnya,” terang Dosen yang konsen di bidang Kemanan Jaringan itu.

Menurut hematnya, berbagai kegiatan dapat dilakukan guna merealisasikan peningkatan SDM dan Perekonomian masyarakat desa, di antaranya melalui peningkatan skill dan kegiatan sertifikasi.

Terkait pentingnya kolaborasi dan sinergi, Ikhwan berharap desa-desa di Kalbar mempunyai visi dan misi yang sama untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

“Dan meningkatkan pelayanan-pelayan publik mereka, sehingga desa dan masyarakatnya lebih mudah mengakses data dan bisa memanfaatkan teknologi, serta masyarakat bisa mendapat layan adminstrasi persuratan atau hal-hal yang berkaitan dengan desa secara efektif dan efisien,” tambahnya lagi.

Tak lupa ia juga berpesan agar kolaborasi dan sinergi ini dapat terus dilaksanakan guna mendatangkan manfaat-manfaat positif untuk kemajuan desa.

“Semoga kolaborasi ini bisa terus bermanfaat dan memberikan nilai-nilai positif kepada desa-desa yang bekerja sama dengan Prodi Rekayasa Sistem Komputer,” tutupnya.

Turut hadir dalam PKM, Dekan FMIPA Untan Dr. Gusrizal, S.Si., M.Si., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Drs. Cucu Suhery, M.A., Ketua Prodi Resiskom Ikhwan Ruslianto, S.Kom., M.Cs. dan Ketua PKM Prodi Resiskom Uray Ristian, S.Kom., M.Kom.

Kemudian, hadir juga Kepala Desa Parit Baru Musa Abdul Hamid beserta perangkat desanya, Ibu-ibu PKK, dan masyarakat setempat.

Ketua pelaksana PKM, Uray Ristian mengatakan, masyarakat menyambut baik dan sangat antusias dengan PKM yang digelar pihaknya.

“Reaksinya antusias dengan pesan yang disampaikan Pak Dekan terutama membahas tentang ketahanan pangan dan perubahan teknologi,” pungkasnya.

Share :

Kategori Berita: Agenda