Disable Preloader

Detail Berita

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tanjungpura (Untan) gelar Seminar Nasional dalam Rangka Dies Natalis FMIPA Untan yang ke-18 tahun, Selasa (26/11/2019).

Tema yang diangkat dalam seminar tersebut adalah “Mewujudkan Saintis Muda Kreatif Berjiwa Entrepreneur”, seminar tersebut digelar di Gedung Konferensi Untan, dengan jumlah peserta sebanyak 150 orang.

Seminar nasional ini merupakan rangkaian acara pembuka Dies Natalis Fakultas MIPA yang dipanitiai oleh mahasiswa/i FMIPA dan di koordinir oleh Kementerian Dalam Negeri BEM FMIPA Untan. Dies Natalis tersebut sudah menjadi program kerja tahunan BEM FMIPA Untan dari tahun-tahun sebelumnya, bekerja sama dan berkoordinasi dengan pihak Fakultas untuk pelaksanaannya.

Rangkaian acara Dies Natalis dan Seminar Nasional dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Drs. Hermanus Darus, M.Si, Staf Ahli Gubernur Bidang Politik Hukum, Politik dan Pemerintahan.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kubu Raya periode 2014-2019 tersebut menyampaikan sambutan tertulis dari Gubernur Kalbar yang berhalangan hadir. Mewakili Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam sambutan tertulisnya, Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum menyampaikan ucapan selamat dan berbagai harapannya untuk Fakultas MIPA yang sudah menginjak usia ke 18 tahun.

Gubernur Kalbar menaruh harapan yang sangat besar untuk Civitas Akademika Fakultas MIPA agar terus tumbuh dan melahirkan Sumber Daya Manusia yang unggul melalui penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang direalisasikan.

Sementara itu, Dekan FMIPA Untan, H. Afghani Jayuska, S.Si., M. Msi juga menyampaikan harapan yang serupa dalam sambutannya. Sesuai dengan tema seminar, ia berharap mahasiswa/i Fakultas MIPA juga dapat turut mewujudkan visi Presiden Jokowi, yaitu SDM Unggul yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan melalui berwirausaha. Menurutnya, ketika manusia membuka lapangan pekerja, ia akan menjadi pahlawan dan bermanfaat untuk manusia lainnya yang membutuhkan pekerjaan.

“Kita mesti menjadi pionir untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Kalau menjadi pekerja itu adalah hal yang biasa, tapi kalau menjadi Entreprenur itu adalah pilihan. Dengan menciptakan lapangan pekerjaan, kita menjadi pahlawan untuk orang lain” ucapnya.

Tiga narasumber luar biasa yang diundang untuk mengisi Seminar Nasional hari ini adalah Renold Wijaya, Direktur Kharisma Group dan Coach Digital Marketing; Dayang Melati, Founder dan CEO Dynamic Indonesia, juga Founder Azzam Trade.co dan Vice President of AISEC in Sunway University; dan Muhammad Holil, Ketua HIPMI PT Kalbar dan Komisaris PT. Vina Damai Indah Property.

Masing-masing narasumber menyampaikan materi dan menceritakan pengalamannya selama berwirausaha. Mereka membagikan pengalamannya dan memberi berbagai motiviasi kepada peserta yang hadir guna membuka mata, hati, pikiran dan mindset peserta bagaimana untuk berwirausaha dan bermanfaat untuk orang lain.

Ketua Pelaksana, Romiyansah, mengatakan bahwa acara berikutnya yang akan dilaksanakan setelah Rangkaian Seminar Nasional pada hari ini adalah Expo Pendidikan, Kewirausahaan, dan Himpunan Mahasiswa (28-30 November 2019), Jalan Santai, Senam Zumba, Pesta Rakyat dan Acara Puncak pada 30 November 2019. Mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan tersebut juga berharap pelaksanaan Dies Natalis tahun ini dapat sukses dan berjalan dengan lancar.

Share :

Kategori Berita: Agenda Kegiatan Kemahasiswaan