Disable Preloader

Detail Berita

Pontianak – Bersama dengan BEM Fakultas, FMIPA Untan selenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Saintis Muda Tanjungpura (PKKMB Samudera), Selasa (13/08/2019).

Bertempat di Aula Rumah Radakng, acara ini dibuka langsung oleh Prof. Dr. Kamarullah, S. H., M. Hum dan didampingi oleh Dekan FMIPA Untan, H. Afghani Jayasuka, S. Si., M. Si.

Hadir juga Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA, Rektor Untan 2 periode yang lalu, juga Prof. Kamarullah, S.H., M.Hum, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Untan, serta Jejeran Pimpinan Fakultas Mipa, Ketua Jurusan dari masing-masing Jurusan di FMIPA Untan dan tamu undangan yang lainnya.

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA Untan berharap agar para peserta tidak kaget dengan waktu perkuliahan dan praktikum di Fakultas Mipa. Ia juga menyampaikan analogi pertumbuhan ikan di arus perairan, layaknya kehidupan mahasiswa di FMIPA Untan.

"Nantinya jangan kaget, di Fakultas Mipa itu kita banyak praktikum. Itu adalah cara untuk mengasah kita, antara teori dan praktek, makanya kita di sebut saintis" ucapnya.

Penyampaiannya tersebut tidak bermaksud untuk menakut-nakuti peserta, namun lebih mempertegas lagi bagaimana kehidupan dan rutinitas mahasiswa di FMIPA Untan yang sesungguhnya.

"Tentu, melalui pengenalan ini harapannya kita semua nantinya tahu bagaimana kita bisa tumbuh beradaptasi dan mengambil kiprah dari kegiatannya. Kita juga akan mendapatkan gambaran bagaimana kehidupan kampus yang sesungguhnya. Dulu waktu siswa kita bisa kerja sendiri, namun sekarang ketika sudah mahasiswa, kita harus berkerja sama" tambah Pak Dekan.

Senada dengan Pak Dekan, Uray Ristian, S. Kom., M. Kom yang merupakan Ketua Pelaksana PKKMB Samudera tahun 2019 dari pihak fakultas ini mengatakan bahwa PKKMB ini merupakan sarana adaptasi dan edukasi untuk seluruh peserta, bagaimana mereka dapat mengenal lebih dalam lagi kehidupan kampus dan Fakultas Mipa.

Menurutnya, PKKMB ini merupakan program dari Kemenristek Dikti yang mana dilaksanakan di setiap Universitas di Indonesia, dan pelaksana teknis dari kegiatan tersebut diamanahkan secara langsung kepada BEM tingkat universitas dan fakultasnya masing-masing. Selanjutnya, dibentuk panitia dari mahasiswa yang dikoordinir oleh BEM, untuk di FMIPA sendiri kepanitiaanya diketuai oleh Dosen. Adapun jumlah panitia yang bertugas adalah sebanyak 135 orang.

PKKMB Samudera 2019 dilaksanakan selama 3 hari. Pada hari pertama dan kedua, seluruh peserta akan menerima materi terkait pengenalan dunia kampus, motivasi, pengetahuan tentang nasionalisme dan bela negara, serta narkoba. Tercatat sebanyak kurang lebih 680-an peserta yang hadir di hari pertama PKKMB ini. Pada hari ketiga akan dilaksanakan expo di lingkungan Fakultas Mipa, akan ada juga persembahan papermob dari seluruh peserta pada hari terakhir.

Dosen Penanggung Jawab (Pendamping) Kemahasiwaan dari Jurusan Rekayasa Sistem Komputer ini juga menyampaikan pesan kepada peserta.

 

"Tetap dijaga semangatnya saat kuliah. Apabila semangatnya kendor, tolong diingat lagi motivasinya mengapa berkuliah, ingat orang tua dan cita-citanya" pesannya.

 

Selain itu, Ketua BEM FMIPA Untan, Muhammad Soneta Rizkilillah senang dan gembira menyambut kedatangan adik-adik di acara PKKMB Samudera ini. Ia mengantakan bahwa PKKMB merupakan program tahunan yang juga disusun dan dilaksanakan oleh BEM FMIPA Untan, dimana pelaksanaannya juga berkolaborasi dengan pihak Fakultas Mipa Untan.

"Tahun lalu namanya itu PMB Samudera, tapi tahun ini kita sesuaikan dengan nama yang dilaksanakan di tingkat universitas" ujar Soneta, Mahasiswa Rekayasa Sistem Komputer angkatan 2016.

Presiden Mahasiswa FMIPA Untan periode 2019-2020 ini berharap agar kegiatan PKKMB yang sedang berlangsung ini dapat menjadi langkah awal mahasiswa baru untuk mengenal FMIPA Untan.

"Melalui kegiatan ini, harapannya mereka dapat mengenal lebih dalam Fakultas Mipa dan isinya. Untuk setiap materi yang diperoleh, tolong jangan sampai dilupakan dan dianggap sebagai angin lalu saja, sebisanya diimplementasikan juga" tutup Soneta.

Apa saja rangkaian acaranya?

Pasti pada penasaran ya, nantikan diartikel selanjutnya ya....

Share :

Kategori Berita: Agenda Kegiatan Kemahasiswaan