KELOLA SUMBER DAYA ALAM DESA KKM BERKELANJUTAN FMIPA UNTAN

Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)Universitas Tanjungpura telah berlangsung sejak 28 Juli 2016. KKM dilaksanakan di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Rayapada empat desa, yakni Desa Sungai Itik, Desa Jeruju Besar, Desa Sungai Kupah,dan Desa Tanjung Saleh.

“KKM yang tahun ini diikuti 87 mahasiswa dari sembilan prodi di FMIPA mengangkat tema pengelolaan sumberdaya alam desa di Kecamatan Sungai Kakap ini merupakan kelanjutandari program KKM sebelumnya,” kata Wakil Dekan bidang Akademik FMIPA Untan, Dr. Muh. Agus Wibowo didampingi Apriansyah, M.Si , dosen prodi Ilmu Kelautan FMIPA Untan.
Dalam Kegiatan KKM, jelas Agus Wibowo, mahasiswa melakukan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat dengan menyusun profil desa, membuat website pengembangan desa dan menggelar pelatihan terkait pengelolaan sumberdaya alam, seperti pelatihan pengolahan air bersih, pelatihan membuat produk olahan hasil pertanian.
“Para mahasiswa membantu di kantor desa, membantu mengajar di sekolah sekaligus memberi motivasi para siswa hingga masuk ke perkumpulan ibu-ibu, baik itu PKK, Majlis Taklim, dan lain-lain,” paparnya.
KKM FMIPA tahun 2016 ini, jelas Agus Wibowo, merupakan lanjutan dari KKM tahun sebelumnya yang dimulai sejak tahun 2012,dimana peserta KKM tahun sebelumnya membuat profil desa yang berisi kekuatan dan unggulan desa di Kecamatan Sungai Kakap.
“Desa yang baru kami masuki hanya Desa Tanjung Saleh. Disana mahasiswa melaksanakan program utama, yakni memperkenalkan cara tanam teknik vertikultur. Teknik ini merupakan cara bertanam yang dilakukan dengan menempatkan wadah-wadah yang disusun secara vertikal. Atau dapat dikatakan bahwa vertikultur merupakan upaya pemanfaatan ruang ke arah vertikal. Dengan demikian penanaman dengan vertikultur dapat dijadikan alternatif bagi masyarakat yang memiliki laan sempit atau bahkan tidak ada laan yang tersisa untuk budidaya tanaman,”terangnya.

Leave a reply